5 Dampak Negatif dari Pengunaan Smartphone Secara Keseringan

Di zaman yang modern ini, smartphone mungkin akan menjadi salah satu kebutuhan pokok juga bagi sebagian masyarakat yang  menggemarinya. Disamping kecanggihannya yang luar biasa dibandingkan dengan  handphone jadul, penggunaan smartphone secara keseringan/berlebihan ini juga  berdampak buruk bagi sebagian besar penggunanya.

tangan seseorang sedang memegang handphone

Berhubungan dengan hal tersebut, Mimin akan membagikan sebuah artikel mengenai"5 Dampak Negatif dari Pengunaan Smartphone Secara Keseringan" yang Mimin ketahui.

1. Kurangnya Keharmonisan Dalam Keluarga 

"Kok bisa Min ?"

Gimana tidak, sekarang saja hampir 1 rumah itu pasti memiliki 1 buah Smartphone.

"Betul ?"

Misalnya dalam 1 rumah itu yang mempunyai Smartphone hanya Sobat saja. Disaat Orangtua Sobat memanggil Sobat untuk mandi, belajar, disuruh beli sesuatu, kemungkinan besar Sobat pasti akan menjawabnya dengan kata,

"Ya, bentar.." atau "Bentar lagi Buk/Pak."

Karena sobat sedang asyik sendiri bermain Smartphone Sobat.

"Ngaku ?"

Biasanya sih kalimat seperti itu di katakan dalam kondisi Sobat baru pertama kalinya mempunyai Smartphone. Lagi senang-senangnya tuh bermain Smartphone. Apalagi jika mempunyai Smartphone adalah impian Sobat selama ini. Mungkin bisa lebih parah.

Itu jika yang mempunyai Smartphone hanya 1 orang saja dalam 1 rumah. Kalau 1 rumah itu mempunyai android semua gimana jadinya tuh.

Misalnya : Sobat sedang menonton tv bersama keluarga Sobat. Ayah, Ibu, Adik & Sobat kebetulan juga sedang memegang Smartphonenya masing-masing. Ya sudah, rasa keharmonisan itu pasti tidak sama dengan dahulu sebelum keluarga Sobat mempunyai smartphone android.

Kenapa Mimin bisa ngomong seperti itu, karena Mimin juga sering ngalamin hal yang seperti itu Sob. Dampaknya pun kerharmonisan keluarga Sobat jadi sedikit berkurang.

2. Prestasi Jadi Menurun

Kalau Sobat memang orangnya pintar kemungkin hal mempunyai Smartphone menjadi tidak masalah. Namun, jika Sobat itu orangnya mempunyai daya pikir pas-pasan kan beda lagi ceritanya.

Yang biasanya belajar dimalam hari bisa 2-3 jam rutin, sekarang jadi 1-2 jam an karena sisanya untuk bermain smartphone. Orangtua Sobat pasti kepikiran tuh dengan hal tersebut.

"Kenapa ya anak Saya kok prestasinya menurun akhir-akhir ini ?"

Mungkin tidak hanya orangtua Sobat saja yang berpikiran seperti itu. Ibu/Bapak Guru disekolah, teman-teman Sobat disekolah juga akan berpikiran seperti itu.

Jika masalah tersebut memang timbul karena Sobat keseeringan menggunakan smartphone, lebih baik mulai sekarang Sobat kurangilah bermain smartphone atau jangan dulu memakai smartphone.

3. Mata Jadi Lelah

Jika Sobat keseringan menggunakan Smartphone, mungkin lama-lama mata Sobat akan lelah juga. Lebih buruknya, Sobat bisa terkena salah satu penyakit mata yaitu rabun jauh (minus).

Mau tidak mau, jika Sobat terkena penyakit mata tersebut, Sobat harus menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan mata Sobat.

Oh ya, sekarang kalau melamar pekerjaan juga agak susah kalau Sobat punya penyakit rabun jauh (minus). Ya memang pekerjaan alternatif lain masih banyak sih, tapi kalau Sobat ingin kerja dipabrik itu kemungkinan kesempatannya juga sedikit.

Oleh karena itu, jagalah mata Sobat untuk masa depan Sobat nantinya.

4. Mengganggu Tidur

"Kenapa Mengganggu tidur ?"

Karena disaat Sobat sedang tidur dan smartphone Sobat lupa dimatikan, kemudian ada bunyi notifikasi sms/telpon dari oranglain, dengan otomatis Sobat akan terbangun bukan untuk mengecek notifikasi tersebut.

Kalau di silent sih tidak begitu masalah, tapi kalau tidak di silent apalagi Sobat mengatur volume untuk notifikasinya itu lumayan keras.

Lagi enak-enaknya tidur Sobat pasti langsung tergugah bangun karena mendengar suara nofitikasi dari Smartphone Sobat.

5. Menimbulkan Efek Kecanduan

Kecanduan disini bukan mengarah pada narkoba/sabu-sabu atau hal lainnya lho ya. Kecanduan smartphone mungkin akan memberikan  efek positif dan negatif pada kehidupan Sobat.

Efek positifnya mungkin Sobat jadi sering uptodate tuh dengan berita-berita sekarang/Sobat pasti akan lebih tahu jika ada suatu masalah yang di unggah di media sosial dibandingkan teman Sobat lainnya.

Apalagi jika Sobat ingin selalu uptodate dengan sesuatu yang disukai Sobat, seperti berita sepak bola, basket, voli dll. Pasti Sobat berulang kali buka tutup smartphone Sobat.

Tapi efek negatifnya, Sobat bisa kecanduan tuh dengan smartphone Sobat. Karena keseringan bermain smartphone Sobat dalam waktu waktu yang panjang.

Bahkan cara pemulihan efek kecanduan smartphone ini, dengar-dengar hampir sama dengan cara pemulihan seseorang yang menggunakan narkoba lho.

Baca juga :
  1. 6 Tips Mengisi Baterai pada Smartphone/Hp yang Efektif dan Benar
  2. Tips Memilih Charger yang Berkualitas dan Awet untuk Smartphone
  3. Inilah 5 Jenis Kabel Data yang Berkualitas Terbaik buat Smartphone
  4. Lindungi Fisik Smartphone Kamu dengan Memasang Salah Satu dari 4 Benda Ini !
  5. 7 Hal yang Wajib dilakukan Saat COD Smartphone/Ponsel Bekas

Intinya .....

Sobat harus atau setidaknya bisa mengurangi penggunaan smartphone milik sobat secara keseringan. Gunakanlah jika ada sesuatu yang penting saja. Kalau tidak ada sesuatu yang penting, lebih baik di letakkan saja smartphone-nya.

Tapi, menurut Mimin itu hal yang mustahil apalagi jika Sobat ini masih remaja menuju pertumbuhan dewasa.

Namun, semoga saja bagi Sobatku yang telah membaca  5 Dampak Negatif dari Pengunaan Smartphone Secara Keseringan dari Mimin,  Sobat bisa perlahan mengurangi penggunaan smartphone tersebut.


0 Comments


EmoticonEmoticon