Selasa, 05 September 2017

7 Cara Ampuh Buka Smartphone Android yang Lupa Kata Sandi

Masalah tentang privasi, bagi sebagian besar orang pasti sangat penting bukan Sob. Mulai dari status, keluarga, profil pribadi, dll. Mungkin semua itu Sobat lakukan agar seseorang yang Sobat cintai/sayangi selalu dalam keadaan baik-baik saja. Walaupun, tidak hanya dengan melakukan hal tersebut masalah tentang keselamatam seseorang itu bisa terjamin.

Begiiu juga dengan gadget Sob. Ketika Sobat memiliki banyak berkas/data pribadi mengenai diri Sobat yang kemudian disimpan pada gadget tersebut, mungkin Sobat akan melindungi berkas/data tersebut dengan baik. Agar tidak semua orang itu dapat membuka/mengotak=atik gadget milik sobat.

Cara yang sering dilakukan semua orang untuk melindungi data/berkasnya didalam gadget adalah dengan memasukkan/menambahkan password pada gadget. Nah, pasword didalam gadget itu bisa macam-macam. Bisa berupa kata sandi, pola, dll.

menu kunci layar pada smartphone android xiaomi redmi note 2

Biasanya, Sobat pasti menggunakan password itu yang mudah untuk Sobat ingat bukan.

Namun, ketika Sobat lupa dengan password gimana tuh ???

Tentunya Sobat pasti bingung kan, tanya kesana-kemari. Berhubung dengan masalah tersebut, Mimin akan tahu solusinya dengan menuliskannya didalam sebuah artikel berikut. Dengan judul "7 Cara Ampuh Buka Smartphone Android yang Lupa Kata Sandi".
Simak baik-baik artikel berikut ya :


1. Masuk ke Link Android Device Manager

 

Sobat dapat menggunakan browser di smartphone Android teman Sobat atau menggunakan PC/laptop untuk mengakses layanan tersebut. Pastikan, Sobat masuk dengan akun Google yang sama dan smartphone yang Sobat gunakan itu terhubung dengan internet.

Sekarang buka link Android Device Manager, di sana terdapat tiga pilihan yakni Deringkan, Kunci, atau Hapus. Kemudian, Sobat pilih Kunci atau Lock. Jika Android Device Manager mengalami kesulitan menemukan perangkat milik Sobat, klik tombol refresh browser beberapa kali.

Setelah klik tombol Kunci atau Lock, Sobat akan diminta untuk memasukkan sandi baru, yang akan menggantikan pola, PIN, atau password lama yang Sobat telah buat sebelumnya. Ketik password baru dua kali untuk mengonfirmasi pilihan Sobat, lalu klik tombol Lock. Dari sini, tunggu setidaknya 5 menit. Nah, sekarang harusnya Sobat sudah bisa membuka smartphone yang terkunci dengan password yang baru.


2. Dengan Samsung Find My Mobile

 

Kalau cara di atas tidak berhasil dan kalau kebetulan Sobat menggunakan perangkat Samsung. Sobat bisa mencoba layanan yang mirip dengan Android Device Manager khusus dari Samsung yakni Find My Mobile. Caranya, buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung. Jika Sobat belum pernah mengatur akun Samsung, metode ini tidak akan bekerja.

Setelah Sobat login ke akun Samsung, klik tombol Lock my screen di panel sebelah kiri. Dari sini, masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Dalam satu atau dua menit, sandi lockscreen harusnya diubah ke PIN baru yang Sobat masukkan dan Sobat gunakan untuk membuka kunci perangkat.


3. Menggunakan Fitur Forgot pattern

 

Kalau sekarang perangkat Sobat masih menggunakan OS Android 4.4 KitKat atau lebih rendah dari itu, Sobat masih bisa menggunakan fitur Forgot pattern. Setelah 5x usaha memasukkan pola gagal, Sobat akan melihat pesan yang mengatakan "Coba lagi dalam 30 detik". Dari situ, Sobat pilih Forgot pattern, yang letaknya di bagian bawah layar.

Biasanya ada dua metode yang tersedia, yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google milik Sobat. Jika Sobat memilih yang kedua, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci atau Sobat juga dapat mengubahnya saat itu juga.


4. Menggunakan ADB untuk Menghapus Password

 

Cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya Sobat telah mengaktifkan USB Debugging dan kamu memiliki komputer yang sudah pernah Sobat hubungkan dengan smartphone melalui ADB. Jika Sobat sudah pernah melakukan root atau install custom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini.

Mulailah dengan menghubungkan smartphone kamu ke komputer dengan kabel data yang ada, kemudian Sobat buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB kamu. Dari sini, ketik perintah berikut lalu Sobat tekan Enter.

adb shell rm /data/system/gesture.key

Selanjutnya, reboot smartphone Sobat dan seharusnya sandi di lockscreen Sobat sudah tidak ada. Tapi ini hanya sementara, jadi pastikan Sobat membuat sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.


5. Gunakan Safe Mode

 

Seperti yang Sobat ketahui, banyak sekali aplikasi pengaman lockscreen di Android. Beberapa di antaranya sangat mengesankan karena mampu mengubah sandi sesuai dengan kombinasi jam dan menit, tanggal, hingga status baterai. Namun, terkadang ada bug dan tiba-tiba Sobat sudah tidak masuk ke smartphone Sobat.

Nah, jika permasalahan datang dari aplikasi pihak ketiga, Sobat bisa coba lakukan boot ke Safe Mode. Caranya beragam, tergantung dari jenis dan merk smartphone Sobat. Sobat bisa browsing di internet untuk menemukan kombinasi yang sesuai untuk masuk ke Safe Mode smarpthone Sobat.

Setelah berhasil masuk ke Safe Mode, kunci layar dari aplikasi pihak ketiga yang sementara akan dinonaktifkan. Dari sini, Sobat dapat langsung uninstall/mencopot aplikasi lock screen tersebut. Kemudian reboot smartphone Sobat untuk keluar dari Safe Mode.


6. Membuat Crash Lockscreen

 

Metode ini memanfaatkan bug pada smartphone yang menjalankan Android 5.0-5.1.1 Lollipop. Selain itu, metode ini tidak akan dapat bekerja. Pertama, tekan Panggilan Darurat yang muncul di layar kunci. Kemudian, gunakan antarmuka dialer dan masukkan 10 tanda bintang. Lalu, ketuk dua kali untuk menyorot teks yang Sobat masukkan dan pilih copy.

Ulangi lagi lalu paste di situ sehingga jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini, copy dan paste untuk menambahkan lebih banyak karakter sampai pada batasnya.

Selanjutnya, kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Dari sini, tarik jendela notifikasi dan tekan ikon Settings, maka Sobat akan dimintai untuk memasukkan password. Tekan dan tahan di kolom input kemudian, pilih paste/tempel. Kemudian ulangi proses ini beberapa kali sehingga kunci layar akan crash dan memungkinkan Sobat untuk mengakses seluruh antarmuka smartphone.


7. Terakhir, Dengan Cara Factory Reset

 

Jika semua cara membuka HP yang lupa kata sandi di atas sudah Sobat lakukan dan tidak dapat bekerja juga. Cara terakhir adalah dengan melakukan Factory Reset. Itu artinya Sobat harus merelakan semua data/berkas yang Sobat simpan di dalam memori internetal. Factory Reset adalah cara membuka HP yang lupa kata sandi atau pola paling ampuh.

Nah, untuk proses masuk ke Recovery Mode ini bervariasi tergantung pada jenis dan merk smartphone kamu. Gampang deh, Sobat tinggal browsing. Tetapi biasanya dimulai dengan mematikan smartphone dan menyalakannya, ketika layar hitam pergi, tekan tombol power dan tahan volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke "Recovery mode".

Dari sini, gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, lalu tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses selesai, pilih Reboot system now dan smartphone Sobat kembali dalam keadaan baru lagi. Namun, usahakan pada saat melakukan cara ini daya baterai smartphone Sobat diatas 50%, syukur masih full. Jika takut kesabisan daya baterai, Sobat bisa melakukan cara ini sambil mengisi daya baterai.

Intinya .....

 

Ketika Sobat ingin menggunakan fitur kunci layar dengan pola, maka Sobat harus mengingat betul pola kunci tersebut. Sebernarnya itu hal sepele tapi, kalau memang kebetulan Sobat lupa itu juga bisa berakibat buruk juga terhadap smartphone android Sobat.

Kalau perlu, Sobat screenshot saja pola kunci tersebut dan jadikan wallpaper sekalian. Agar, walaupun Sobat lupa pola kunci tersebut, Sobat tinggal melihat wallpaper milik Sobat.
Selamat mencoba .....

Jangan pernah menyerah terhadap suatu kegagalan. Berusahalah untuk mencari solusinya dan praktekkan solusi tersebut, agar kegagalanmu itu tidak terulang kembali. Karena kegagalan adalah kunci dari kesuksesan seseorang.


EmoticonEmoticon