4 Cara Perbaiki Kartu Memori yang Rusak Akibatnya Tidak Terbaca/Tidak Terdeteksi

Kartu memori, benda tersebut amatlah penting bagi sebagian besar orang yang saat ini menggunakan gadget. Tanpa kartu memori, mereka tidak bisa menyimpan suatu berkas yang ukurannya besar dan banyak. Ya memang pada gadget sendiri sudah dilengkapi dengan memori internal.

Namun, kapasitas penyimpanan memori internal tersebut amatlah sedikit dan cara menambah kapasitas memori dalam gadget, salah satunya adalah dengan membeli sebuah kartu memory/SD card.

Ukuran kapasitas untuk kartu memori itupun beragam Sob, mulai dari 1GB-ratusan Gigabyte. Harganya pun juga beragam Sob sesuai dengan merk dan ukurannya.
www.mastopal.com/2017/09/cara-perbaiki-kartu-memori-yang-rusak.html
Namun, masalah yang sering terjadi jika menggunakan kartu memori adalah kartu tersebut rusak Sob/lebih dikenalnya tidak terbaca. Maksutnya, kartu memori yang Sobat sudah pasang dan isi dengan berkas-berkas Sobat itu isinya tidak terdeteksi oleh gadget sedikitpun.

Baca juga :
  1. 4 Penyebab Lag pada Smartphone Android dan Cara Mengatasinya
  2. 4 Cara Perbaiki Kartu Memori yang Rusak Akibatnya Tidak Terbaca/Tidak Terdeteksi
  3. 5 Dampak Negatif dari Pengunaan Smartphone Secara Keseringan
  4. 3 Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Android
 
Hal tersebut pasti akan membuat Sobat marah, jika didalam kartu memori tersebut berisi berkas-berkas yang amat penting bagi Sobat. Alhasil, Sobat pasti bingung bila tidak mengetahui cara-cara pengembaliannya.

Berhubung dengan hal tersebut, Mimin akan membagikan kasih tahu caranya. Namun, sobat harus membaca dulu artikel yang sudah Mimin buat dengan judul "4 Cara Perbaiki Kartu Memori yang Rusak Akibatnya Tidak Terbaca/Tidak Terdeteksi".
Simak baik-baik artikel berikut ya :

Cara Ke-1: Bersihkan Kartu Memori Dengan Penghapus Pensil

www.mastopal.com/2017/09/cara-perbaiki-kartu-memori-yang-rusak.html
  • Hal pertama untuk mengatasi masalah kartu memori tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget Sobat. Pastikan Sobat sudah mematikan gadget terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kartu memori tersebut.
  • Lalu, Sobat bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih) dan gosok perlahan hingga bersih.
  • Jika Sobat yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori pada gadget Sobat dan periksa apakah sudah terbaca atau belum.

Cara Ke-2: Melakukan Format kartu memori lewat Android

  • Sobat masuk dulu ke menu Setting ==> Storage.
  • Di dalam menu tersebut terdapat pilihan Erase SD card, yang artinya apabila Sobat menghapus SD Card, maka itu akan membuat SD card Sobat menjadi bersih seperti baru.
  • Kemudian, Sobat cek pada aplikasi berkas apakah kartu memori tersebut sudah terbaca atau belum

Cara Ke-3: Format kartu memori lewat PC

Jika kartu memori (MicroSD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer namun tetap tidak terbaca di Android, coba gunakan cara ini:
  • Sobat buat dulu folder baru di HardDisk, kasih nama folder tersebut terserah Sobat dan ingat kalau folder baru ini akan menjadi tempat penyimpanan sementara alias backup dari isi kartu memori yang rusak tadi.
  • Salin atau copy seluruh isi kartu memori lalu tempelkan atau paste ke dalam folder yang sudah Sobat buat sebelumnya.
  • Jika Sobat sudah yakin tersalin semua, format kartu memori tersebut.
  • Kemudian, kembalikan semua data-data yang ada di folder yang telah Sobat buat sebelumnya ke dalam kartu memori yang sudah diformat.
  • Sekarang Sobat cek lagi, sudah terbaca atau belum.

Cara Ke-4: Cek Error lewat PC

  • Hubungkan Android Sobat ke laptop atau PC dengan kabel data yang ada.
  • Kemudian, pastikan Android Sobat sudah terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  • Lalu, Sobat buka Windows Explorer dengan cara, klik kanan pada Drive kartu memori ==> pilih Properties ==> Tools ==> Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai.
  • Eject kartu memorinya  dan Sobat cek apakah sudah terbaca atau belum.
 
Baca juga :
  1. 6 Tips Mengisi Baterai pada Smartphone/Hp yang Efektif dan Benar
  2. Tips Memilih Charger yang Berkualitas dan Awet untuk Smartphone
  3. Inilah 5 Jenis Kabel Data yang Berkualitas Terbaik buat Smartphone
  4. Lindungi Fisik Smartphone Kamu dengan Memasang Salah Satu dari 4 Benda Ini !
  5. 7 Hal yang Wajib dilakukan Saat COD Smartphone/Ponsel Bekas

Intinya .....

Sobat mulai dari sekarang harus menjaga kartu memori tersebut dengan baik. Sayangkan, kalau misalnya didalam kartu memory itu isinya file/berkas-berkas yang penting trus tiba-tiba kartu memori tersebut rusak.

Kalaupun kartu memori tersebut tidak digunakan pada gadget Sobat, lebih baik disimpan ditempat yang Sobat itu mudah mengingatnya. Seperti didalam dompet, lemari, slorokan. Kalau perlu, letakkan kartu memori tersebut pada sebuah kotak kecil Sob.

Karena kartu memori itu kan ukurannya kecil dan jika kartu memori tersebut terselip, mungkin Sobat akan susah untuk mencarinya.

0 Comments


EmoticonEmoticon