Tips Memilih Charger yang Berkualitas dan Awet untuk Smartphone

Charger menjadi salah satu benda yang sangat penting bagi Sobatku yang saat ini memiliki gadget. Yups, benda yang satu ini memang memiliki peranan yang penting bagi sebuah gadget, salah satunya untuk ponsel/smartphone.


Memang, saat ini sudah ada benda yang bernama power bank, benda alternatif untuk mengisi baterai smartphone dan bisa dibawa kemana-mana/praktis.

Tapi, charger tetap menjadi hal yang penting dalam smartphone.

Saat ini, beragam jenis charger smartphone sudah banyak beredar dipasaran maupun di konter-konter ponsel.

Merk dan kualitasnya yang bagus, menjadikan faktor charger smartphone ini harganya menjadi mahal.

Apalagi charger tersebut memang asli original seperti, chager merk Oppo, merk Xiaomi, merk samsung, dll.

Namun, seiring berjalannya waktu, sekarang ini banyak sekali charger-charger yang semula original kemudian dipalsukan oleh pihak-pihak tertentu.

Memang, hal tersebut menjadikan charger palsu harganya jauh lebih murah dibandingan dengan charger yang asli originalnya.

Tapi, kalau berbicara mengenai kualitas, charger yang asli original jauh lebih baik dibanding charger yang palsu/kw.


Mungkin, alasan pihak-pihak tertentu mempalsukan charger smartphone tersebut, karena mereka tahu bahwa barang-barang yang murah pasti lebih laku dibandingkan barang-barang yang mahal.

Tidak melihat kualitas/bahan barang tersebut, asalkan barang itu harganya murah, tidak menutup kemungkinan kalau kita pasti juga tergiur oleh barang tersebut.

Jika Sobat memilih charger smartphone dengan asal, hal tersebut dapat berdampak buruk juga terhadap smartphone milik Sobat.

Berikut adalah kemungkinan buruk jika Sobat menggunakan charger palsu tersebut berdasarkan pengalaman Mimin sendiri.
  • Saat charger (palsu) itu digunakan untuk mengisi baterai smartphone Sobat, Sobat akan membutuhkan waktu yang agak lama sampai baterai smartphone Sobat terisi penuh.
  • (Masih keadaan dicharge) jika smartphone Sobat layar sentuh, ketika Sobat ingin memainkan smartphone Sobat dan menyentuhnya, maka sentuhan tersebut tidak pas dengan apa yang Sobat Sentuh (Mlantar). Misalnya, Sobat ingin menggeser kiri, hasil sentuhan tersebut malah menggeser kekanan/tidak bergeser.
  • Jika kabel data dari chager (palsu) tersebut digunakan untuk mengirimkan file lewat laptop/PC, tingkat kecepatannya tidak stabil dan cenderung lambat.
  • Mudah rusak, karena memiliki bahan yang jelek.
  • Sudah pasti, chager palsu tersebut tidak tahan lama/tidak awet.
Jadi, Sobat harus berhati-hati jika hendak membeli charger yang baru untuk smartphone milik Sobat.

Lalu, bagaimana cara memilih charger yang berkualitas dan awet untuk smartphone Sobat ?

Karena Mimin pernah mengalami hal tersebut, jadi Mimin juga akan berbagi sedikit ni mengenai pemilihan charger yang berkualitas dan cocok untuk smartphone Sobat.

Yaitu, Sobat bisa memilih charger yang asli original dari Samsung, Oppo, Xiaomi. Untuk harga yang sekitar 20-30 ribu, itu cenderung palsu, walaupun pada dus charger

itu bertuliskan original. Untuk yang benar-benar asli, harganya pasti relatif mahal (sekitar 50 ribu-keatas. Namun, soal kualitas pasti lebih bagus dibandingkan charer yang palsu.

Kalau saran Mimin, jika SObat ingin membeli charger smartphone bermerk yang asli original, Sobat dapat membeli di toko-toko online seperti, tokopedia, lazada, bukalapak, dll.

Dengan catatan, didaerah sekitar Sobat memang tidak ada yang menjual charger yang asli original.

Sedangkan untuk keunggulan charger asli original tersebut ialah,
  1. Relatif cepat dan tidak butuh waktu yang lama untuk terisi penuh, jika digunakan untuk pengisian baterai smartphone Sobat,
  2. Kalau digunakan untuk mentransfer file lewat laptop/PC, memiliki tingkat kecepatan yang stabil dan baik.
  3. Pastinya tahan lama dan awet untuk jangka waktu yang panjang.

Akhir kata .....

Mungkin cukup sekian informasi yang dapat Mimin jelaskan kepada Sobat. Jika ada yang kurang/bahkan salah, Sobat dapat mengoreksi kata-kata Mimin, dengan cara berkomentar di bawah ini.
Terimakasih.

0 Comments


EmoticonEmoticon