Cara agar Foto di Telegram Tidak Tersimpan Otomatis pada Memori Smartphone

Telegram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang belakangan ini banyak dibicarakan oleh publik.

Karena, pada kasusnya yang dikabarkan bahwa telegram akan diblokir oleh kominfo. Karena, aplikasi ini diduga sebagai alat komunikasi para teroris. 

ilustrasi telegram 

Namun, sampai sekarang pun telegram ini tidak jadi diblokir. Nah, mengenai telegram sendiri, sebenarnya ada salah satu fitur yang sedikit/bahkan sangat menjengkelkan ya Sob.

Yaitu, fitur menyimpan foto, video, gifs secara otomatis pada smartphone.

Jadi, ketika Sobat menghidupkan koneksi internet pada smartphone lalu Sobat membuka aplikasi ini, maka file-file yang berbentuk foto, video, gifs itu akan terunduh dan tersimpan otomatis pada memori smartphone Sobat.

Baca juga :
  1. Cara Mudah Download Video dari Youtube dengan Android Tanpa Aplikasi
  2. Cara Ampuh Buka Smartphone Android yang Lupa Kata Sandi
  3. Cara Ampuh Root Segala Jenis Android Tanpa PC dengan Framaroot
  4. Cara Cepat Root Segala Jenis Smartphone Android dengan Kingroot

Untuk Sobat yang masih awam, hal tersebut pasti menyebabkan jengkel bukan. Mungkin, kalau yang tersimpan itu 1-2 file tidak begitu masalah, tapi ketika Sobat memiliki banyak grup di dalam telegram, bisa jadi file yang terunduh akan mencapai ratusan bahkan ribuan.

Hal tersebut menyebabkan memori pada smartphone Sobat akan cepat habis dan biasanya akan menyebabkan lemot pada smartphone yang low spek.

Untuk itu, kali ini Mimin akan memberikan tutorialnya pada Sobat tentang cara agar foto, video, gifs di telegram tidak tersimpan otomatis pada smartphone.
  1. Sobat buka aplikasi telegram dahulu.
  2. Sentuh atau pilih 3 garis strip pada bagian atas pojok kiri.
    3 garis strip pada bagian atas pojok kiri pada aplikasi telegram
  3. Kemudian, Sobat buka settings.
    buka settings pada telegram
  4. Lalu, Sobat buka Data and Storage.
    buka opsi Data and Storage pada telegram
  5. Nah, pada bagian atas telah tersedia penyetelan download otomatis. Jika Sobat ingin menonaktifkan download otomatis pada koneksi jaringan internet, maka Sobat pilih yang paling atas dan jangan centang semua, lalu save. Namun, jika Sobat ingin juga menonaktifkan download otomatis pada jaringan wifi, Sobat pilih dan buka opsi nomor 2 dari atas, kemudian jangan centang semua, lalu save.
    pilih yang paling atas Jika Sobat ingin menonaktifkan download otomatis pada koneksi jaringan internet.pilih yang kedua dari atas,  jika Sobat ingin juga menonaktifkan download otomatis pada jaringan wifi, jangan centang semua opsi, lalu save
Sebenarnya, cara tersebut baru Mimin ketahui kemaren malam Sob. Karena, ketika Mimin membuka memori itu kok file-file dari telegram jumlahnya banyak dan memakan kapasitas memori yang lumayan besar.

Disamping itu, jika Sobat menggunakan koneksi data internet (kuota) untuk menggunakan aplikasi telegram, maka fitur ini juga akan memakan data internet yang lumayan besar.

Baca juga :
  1. Cara Ampuh Ubah Jenis Jaringan Menjadi 4G pada Smartphone Android Xiaomi Redmi Note 2
  2. Cara Menyetel Sim Card untuk Internet pada Smartphone Android Xiaomi dengan Cepat
  3. Tutorial Transfer/Kirim File dari Smartphone Android ke PC dengan SHAREit
  4. 8 Tutorial Melihat File yang Telah di Sembunyikan pada Smartphone Android Xiaomi

Bayangkan saja jika 1 file itu berukuran 0,5mb, lalu jika setiap hari ada 100 file yang terunduh otomatis tanpa Sobat sadari, maka kuota internet Sobat akan cepat habis dan akibatnya, Sobat akan berulang kali membeli kuota data internet.

Akhir kata .....

Kalau Sobat ingin tetap fitur download otomatis itu terjadi, maka Sobat dapat mencentang file mana saja yang akan didownload otomatis, kebalikan dari cara nomor 6.

0 Comments


EmoticonEmoticon